Posted by : nur rahmah Senin, 06 Mei 2013



LAPORAN
KUNJUNGAN


DISUSUN OLEH :
Ø  NURRAHMAH




TP : 2012/2013
MAN 1 BATAM

PT. Adhya Tirta Batam
dan
Laboratorium Kimia Politeknik Batam
Observasi Kelas XI IPA Semester II
2012/2013

I.       Judul                                 : Pengolahan Air Bersih dan Penerapan Kimia dalam Kehidupan sehari –hari.
Hari/ Tanggal Kunjungan  : Selasa, 30 April 2013 
Tempat                               : PT. Adhya Tirta Batam dan Laboratorium Kimia Politeknik Batam
Observan                            : Nurrahmah
Nomor Absen                     : 13
Kelas                                  : XI IPA

II.    Tujuan                              : Mengetahui proses pengolahan air bersih dan penerapan kimia dalam mendeteksi senyawa –senyawa yang terkandung didalam suatu produk.

III.  Dasar Teori                      :
Pengolahan air bersih didasarkan pada sifat –sifat koloid yaitu kougulasi dan adsorpsi. Air sungai dan air sumur yang keruh mengandung lumpur koloidal dan kemungkinan juga mengandung zat –zat warna, zat –zat pencemar seperti limbah detergen dan pestisida. Bahan –bahan yang diperlukan untuk pengolahan air adalah tawas (almunium sulfat), pasir, klorin atau kaporit, kapur tohor, dan karbon aktif. Tawas berguna untuk menggumpalkan lumpur koloidal, sehingga lebih mudah disaring. Tawas juga membentuk koloid Al(OH)3 yang dapat mengadsorbsi zat –zat warna atau zat –zat pencemar seperti detergen dan pestisida. Apabila tingkat kekeruhan air yang diolah terlalu tinggi, maka digunakan karbon aktif disamping tawas. Pasir berfungsi sebagai penyaring. Klorin atau kaporit berfungsi sebagai pembasmi hama (sedinfektan), sedangkan kapur tohor berguna untuk menaikkan pH, yaitu untuk menetralkan keasaman yang terjadi karena penggunaan tawas.

IV. Alat dan Bahan                     :
A.    Buku
B.     Pena
C.     Kamera

V.    Langkah Kerja                      :
A.    Datangilah tempat pengolahan air bersih di PT. Adhya Tirta Batam yang berlokasi di Duriangkang.
B.     Dengarkanlah informasi yang diberikan oleh karyawan PT. Adhya Tirta Batam.
C.     Catatlah informasi yang kamu peroleh.
D.    Datangilah laboratorium kimia yang berlokasi di Politeknik Batam.
E.     Dengarkanlah informasi yang diberikan oleh karyawan.
F.      Catatlah informasi yang kamu peroleh.
G.    Buatlah laporan hasil kunjungan tersebut.


VI.  Data Hasil Kunjungan
A.       PT. Adhya Tirta Batam
PT. Adhya Tirta Batam merupakan tempat pengolahan air waduk menjadi air siap pakai yang di distribusikan ke seluruh kota Batam.
Terdapat tujuh lokasi sumber air yang di jangkau oleh PT. Adhya yaitu Nongsa, Baloi, Sungai Ladi, Sungai Harapan, Duringkang, Tanjung Piayu, dan Muka Kuning. Daerah tertua PT. Adhya Tirta Batam bertempat di Baloi. PT. Adhya Tirta Batam yang berlokasi di Duriangkang di bangun pada tahun 1990 dan mulai beroprasi pada tahun 2001 merupakan lokasi penangkapan air PT. Adhya Tirta Batam yang terbesar di kota Batam.
Pengolahan air  baku menjadi air siap pakai mengalami beberapa proses, yaitu :
1.      Pengangkutan air waduk dari bangunan intake menuju aerator. Pada bangunan intake terdapat saringan yang berfungsi untuk menyaring air waduk dari benda-benda yang tercampur.
2.      Air waduk yang sudah berada si aerator akan di beri clorine yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada dalam air.
3.      Selanjutnya air akan di teruskan ke kougulator dan flockulator diberikan kapur atau soda ash, tawas (almunium sulfat) dan kougulasi pembantu yang berfungsi untuk menyikut kotoran.
4.      Lalu air akan ke tahap sedimentasi, yaitu air di endapkan. Kotoran akan mengendap ke bawah dan air yang jernih berada di atas. Kemudian air dialirkan menuju filter.
5.      Disini air akan di filtrasi  untuk membuang kotoran yang massa jenisnya lebih ringan dari pada air.
6.      Kemudian air dialirkan menuju bak penampungan diberi tambahan clorine dan soda ash.
7.      Air siap dialirkan menuju daerah konsumen.


B.     Laboratorium Kimia
Laboratorium kimia yang berlokasi di Politeknik Negeri Batam yang befungsi untuk mendeteksi zat-zat kimia yang terdapat dalam produk industri. seperti kandungan bijih plastik dan logam yang digunakan di televisi. Di uji untuk mengetahui ada tidaknya kandungan yang berbahaya didalamnya seperti Pb dan CD. Jika terdapat zat berbahaya produk tersebut akan di dikembalikan kepada industri pembuat produk tersebut. Jika produk tersebut digunakan akan berdampak negatif bagi tubuh manusia yang akan menyebabkan gangguan pernapasan dan mual.

VII.        Kesimpulan
Tempat pengolahan air waduk yang terdapat di kota Batam adalah PT. Adhya Tirta Batam. Air diolah menjadi air siap pakai yang akan dialirkan ke konsumen yang tersebar di seluruh wilayah kota Batam.
Air waduk mengalami beberapa tahap menjadi air siap pakai, yaitu : pengambilan air, aerasi, kougulasi dan flockulasi, sedimentasi, dan filtrasi.
Laboratorium kimia yang berlokasi di Politeknik Negeri Batam, berfungsi untuk mendeteksi zat-zat yang terkandung dalam produk industri. menguji kelayakan produk yang dihasilkan.





Artikel Terkait



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © TUGAS SEKOLAH - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -