Kamis, 25 Agustus 2016

Panduan dan Cara Perancangan membuat animasi 2D


              Bagi yang ingin memulai membuat animasi 2D, bingung harus mulai dari mana. Mungkin banyak juga yang mengerjakannya langsung ke menggambar frame by framenya, namun ditengah pembuatan, bingung hendak melanjutkan seperti apa lagi kelanjutannya. Untuk itu, di perlukan perancangan dan tahapan-tahapan pembuatan animasi, sehingga dalam pembuatannya tidak merasa kebingungan. Bagi yang pemula, tahapan-tahapan ini saya rasa bisa membantu. Untuk yang sudah pro, tolong bantu benerin jika saya masih ada yang salah hehe. 

1.      Ide
Ini bagian yang penting dalam pembuatan animasi, pencarian ide meliputi cerita apa dan pesan apa yang ingin disampaikan di dalam pembuatan animasi. Apa tujuan pembuatannya juga penting sehingga konsep penganimasian juga bisa di pertimbangkan.
Contohnya, saya ingin membuat video animasi ucapan ulang tahun. Nah jadi saya ingin isinya ada doa dan harapan.

2.      Sinopsis
Sinopsis ini berisi cerita singkat dari ide yang udah di dapat, gpp ga usah terburu-buru, bikin cerita yang bagus itu butuh ketenangan. Hhe xD. Kalau bisa sih sudah tau akhir cerita nya seperti apa. Itu lebih bagus.

3.      Karakter
Dari sinopsis tuh, kita bisa tau berapa karakter yang akan muncul dalam video animasi yang mau kita bikin. Dari sana juga bisa kita bayangkan seperti apa wujud tokohnya serta sifat-sifatnya.
Lalu desainlah karakter, kalau memang butuh banyak sudut pandang, maka buatlah beberapa pose depan, belakang, samping, dan miring atau tambahkan pose lain jika di butuhkan.
Penampilan karakter juga bisa dihubungkan dengan sifatnya loh.


4.      Naskah
Nah inilah proses yang mulai bikin pusing. Mungkin bisa berulang kali ketik hapus ketik hapus. Sekali lagi, karena bikin cerita ga segampang yang di bayangkan. :’v
Bikin naskah itu, berdasarkan sinopsis yang udah dibuat. Di kembangkan lagi ceritanya, diperjelas dan diberikan beberapa keterangan seperti waktu, tempat, efek suara, dialog, dan sudut pandang serta shoot-shootnya.
Contoh naskah
 
FADE IN
EXT.BAGIAN DEPAN RUMAH KENDIL
LS-SUASANA RUMAH KENDIL PADA MALAM HARI
Suasana rumah Kendil pada malam hari. Rumahnya terletak di sebuah perumahan, sehingga rumah samping kanan dan kiri tampak sama.
SOUND EFFECT
(suara krik-krik jangkrik dan suara game kendil)
CUT TO :
File lengkap :

5.      Storyboard
Kalau naskah sudah selesai, pembuatan storyboard ga akan susah, tinggal ikutin yang ada di naskah, keterangan nya sudah lengkap tinggal visualisasikan dari teks ke gambar.
Contoh storyboard.




6.      Pembuatan animasi
Nah ini intinya, disini proses paling berdarah-darah penuh perjuangan. Haha pengalaman xD. Namanya juga animasi 2D, kita di tuntut untuk membuat animasi dengan frame by frame. Jadi gambar dengan urutan gambar gerakan. Semakin banyak semakin terlihat halus. Animasi yang bagus itu 12 frame/detik minimalnya dan maksimal 70 frame/detik. Bagi yang masih pemula, cobain yang dikit aja dulu ya :’v. ntar malah ga selesai-selesai projeknya.
Sebenarnya software apa saja bisa kok di pakai untuk bikin animasi. Diawal belajar saya menggunakan adobe photoshop untuk membuat gambar frame by framenya, dan adobe premier untuk menyatukan dan menambahkan suaranya. Bisa juga menggunakan adobe flash, bisa di tambahkan suara, serta pembuatan frame by framenya simpel dari pada di photoshop yang menggunakan banyak layer.
Saya belajar sendiri loh, waktu itu belum di ajarkan di perkuliahan saya, jadi ga ada yang ga mungkin kan untuk mencoba walaupun masih pemula. ^^
      Terlebih dahulu mendubbing dialog yang ada di dalam naskah, jadi tidak bingung ketika penganimasian mulutnya. Ada baiknya, bikin background sama karakternya di bedakan ya, supaya bikin gambarnya ga dua kali. Jadi tinggal gerakin karakternya. Jangan lupakan 12 prinsip animasi supaya animasimu tidak kelihatan aneh ya. Karena sudah buat storyboard, maka tinggal ikutin saja gambarnya seperti apa lalu buat gambar pergerakannya.
 
Turut berduka cita :'v



7.      Editing
Keliatannya sih ini tahap akhir dari pembuatan animasi, nyatanya tidak. Disini kita akan pusing mengatur timing yang tepat. Jadi pergerakan animasi tidak kelihatan janggal atau aneh. Nyatanya membutuhkan waktu yang lama untuk sekedar ngedit menyatukan setiap scene. Editing ini bisa menggunakan adobe premier.

8.      Musik dan efek suara
Pada video animasi dibutuhkan musik dan efek suara yang menunjang dari ceritanya. Pemberian efek suara juga harus tepat, seperti adegan sedih menggunakan lagu sedih. Jangan sampai salah ya.
Penambahan lagu atau musik juga sebaiknya pakai yang free royalty agar nantinya jika di publikasikan tuh animasi kamu tidak ada terkena hak cipta orang lain. :3

Nah ini lah video animasi yang pertama kali aku buat, saat pembuatan masih kacau, tidak ada naskah, jadi kesulitan dalam kelanjutan ceritanya. Gambar seadanya di photoshop. Pakai mouse, jadi berantakan gitu hehe. Akhirnya ceritanya jadi seperti itu deh. Tanpa rencana haha, yang penting jadi ya. :D (oh ya ada bagian2 yang aku hapus. Sengaja, malu  kalau versi fullnya hihi )

Bagi yang ingin bertanya silahkan komen dan saya pun masih butuh kritik dan sarannya ya ^^ mungkin di postingan selanjutnya saya akan jelaskan secara teknisnya seperti apa.


0 komentar:

Posting Komentar